Posted by : Unknown Rabu, 26 Desember 2012

Panther merupakan drill passing sederhana, meskipun dalam gambar terlihat rumit. Drill ini melatih para pemain tentang pentingnya passing, koordinasi mata dan tangan, serta teamwork, karena jika salah satu melakukan kesalahan maka drill ini akan terhenti. Selain itu, drill ini juga dapat melatih kondisi fisik para pemain jika temponya dipercepat

Delapan pemain atau lebih dibagi merata dan menempati 4 sudut dari half court. Drill ini dapat dipraktekkan dengan satu bola, tetap akan lebih baik jika dilakukan dengan dua bola atau lebih. Contoh pada ilustrasi di bawah menunjukkan drill panther menggunakan dua bola.

Dimulai dengan bola berada pada sudut yang saling berlawanan (pemain 1 dan pemain 5). Pada saat sinyal diberikan, kedua pemain passing bola ke sudut sebelah kanan masing-masing pemain, kemudian berlari mengikuti arah passing sampai 1/2 dari jarak antar pemain, dilanjutkan cutting ke sudut yang berlawanan.

Penerima bola (pemain 3 dan pemain 7) dengan segera mengembalikan bola kepada pemain yang melakukan cutting (pemain 1 dan pemain 5). Ketika pemain yang melakukan cutting (cutter) menerima bola, mereka kemudian passing bola ke sudut yang berlawanan dari sudut mereka berasal. Ketika pemain 3 dan pemain 7 passing bola, mereka berlari mengikuti arah bola dan melakukan cutting ke sudut yang berlawanan.


Seperti urutan sebelumnya, passing bola ke cutter. Kemudian cutter passing bola ke sudut yang berlawanan, dan pemain yang melakukan passing dari sudut ke cutter berlari mengikuti arah passing dan melakukan cutting.


Variasi dapat dilakukan dengan mengubah arah, mengubah jenis pass, dan menambahkan bola. Drill ini sangat cocok dilakukan sebagai pemanasan sebelum pertandingan dimulai atau permulaan latihan.

Leave a Reply

Jika sobat mempunyai pertanyaan atau saran, silahkan tuangkan didalam kotak komentar. Beri komentar yang sopan, tidak berupa SPAM, SARA, Pelecehan, dll.

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Support Us

Recommend on Google

Recent Comments

Copyright © 2012 Basketball Saga | Powered by Blogger | Modified by Efri Dwiyanto
Ping your blog, website, or RSS feed for Free